Wisuda XIV STT Bandung Cetak Generasi Luar Biasa Penerus Bangsa

Satu kata, luar biasa.

Campur aduk dengan perasaan haru, kagum, deg-degan dengan menyaksikan prosesi wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) melalui live streaming di IG STTB. Sekolah tinggi yang berdiri sejak 5 Oktober 1991 ini menggelar rangkaian acara Wisuda XIV pada hari Sabtu tanggal 11 Januari 2020, yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 12.15 WIB di Harris Hotel & Convention Hall, Bojongloa Kaler – Kota Bandung.

Dekorasi prosesi wisuda yang didominasi warna ungu, membuat serangkaian acara kian berkesan, ditambah dengan opening yang menampilkan tarian tradisional Jaipong oleh Unit Seni Tari, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh paduan suara STT Bandung, disusul lagu mengheningkan cipta dan diakhiri dengan Mars STT Bandung.

Teringat beberapa tahun lalu ketika saya pribadi diwisuda, segala rasa menjadi satu, pun saya tahu persis hal yang sama dirasakan oleh para wisudawan STTB. Sekolah tinggi yang concern melahirkan generasi-generasi penerus bangsa di bidang teknologi, desain, serta bisnis ini mencetak wisudawan sebanyak 209 mahasiswa.

Setelah beberapa rangakain opening dilaksanakan, dilanjutkan dengan membacakan prestasi para dosen selama tahun 2019 oleh ketua STT Bandung Bapak Muchammad Nasser, S.Kom., M.T, sambutan pun dilanjutkan oleh pembina Yayasan Bapak Dr. Dadang Hermawan, kemudian disusul oleh Kepala Lembaga Pendidikan Tinggi di bagian terakhir.

Luar biasanya pada wisuda kali ini, STTB menghadirkan putra sulung almarhum Eyang Habibi yakni Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A sebagai keynot speaker yang juga merupakan Chairman PT. ILTHABI REKATAMA dan Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional RI.

Dalam orasinya yang membahas Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0 beliau memaparkan bahwa perekonomian di masa mendatang, Indonesia harus mengandalkan inovasi untuk mencapai sebuah potensi yang maksimal. Oleh karenanya, Indonesia diharapkan mampu berinvestasi di berbagai bidang seperti :

  1. Berinvestasi ke Human Capital
  2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
  3. Membina dan Mendukung Inovasi dan Kewirausahaan
  4. Meminimalkan Kemiskinan

Inovasi di bidang teknologi dan kewirausahaan dirasa cukup penting untuk memajukan ekonomi bangsa terutama dalam hal menurunkan angka kemiskinan. Salah satu contoh konkrit yang bisa dilakukan adalah menjadikan para generasi muda ikut aktif dalam mendorong tumbuhnya UKM rintisan (srart up) yang ditunjang dengan Teknologi (Informasi dan Komunikasi).

Beliau pun menjelaskan bahwa dalam proses inkubasi perusahaan rintisan tersebut, kita selaku generasi muda harus siap menghadapi berbagai tantangan yang pasti ada. Bermula tantangan dari SDM itu sendiri, diperlukan SDM yang unggul dengan menghadirkan mentor dan pendanaan yang cukup di tahap awal untuk memulai ini semua, karena SDM adalah kunci utama untuk kemajuan suatu sistem. Diiringi pula dengan proses pendidikan yang diubah ke tahap yang lebih baik demi tercapainya suatu tujuan. Dengan SDM yang berkualitas serta memahami rincian dan proses kombinasi antara teknologi, inovasi, dan kewirausahaan dapat menjadi pondasi awal majunya suatu bangsa dan negara.

Bagai buah yang jatuh tak jauh dari pohonnya, pun yang disampaikan oleh Bapak Ilham Habibie senada dengan ayahandanya Eyang Habibi, sangat berkaitan dengan teknologi yang sesuai dengan visi misi STTB itu sendiri yaitu mengupayakan terobosan inovatif dalam mencari tekonlogi tepat guna yang memberi manfaat bagi pembangunan berwawasan lingkungan.

Melalui visi msi tersebut, STTB mewujudkannya dengan melahirkan generasi-generasi luar biasa dengan berbagai predikat wisudawan berkualitas. Sekolah tinggi yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 378, Kab. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235 tersebut meluluskan 209 mahasiswa dengan detail sebagai berikut :

  1. Wisudawan Prodi Teknik Industri sebanyak 113 orang.
  2. Wisudawan Prodi Teknik Informatikasebanyak 70 orang.
  3. Wisudawan Prodi Desain Komunikasi Visualsebanyak 26 orang

 

STTB sudah mempersiapkan para mahasiswanya untuk ikut andil berkontribusi dalam perkembangan negara Indonesia. Para wisudawan dan penulis skripsi terbaik dilantik dan diberikan penghargaan langsung oleh Dr. Ing. Ilham Akbar habibie, M.B.A., Ketua yayasan LPPI Bandung dan Ketua STT Bandung.

Dari 209 wisudawan dan wisudawati, beberapa di antaranya menjadi yang terbaik di masing-masing kategori, seperti :

 

Skripsi terbaik Teknik Industri :

Mahasiswa :  Virgiawan Candra Bhakti, S.T.

Judul : Perancangan dan pengembangan hospital transfer bed dengan pendekatan karakuri.

Mahasiswa : Indra Rukmana, S.T.

Judul : Optimasi produksi dyeing finishing dengan metode integer linear programming.

Mahasiswa : Zaenal Uyun, S.T.

Judul : Perbaikan produk meja belajar lipat multifungsi ergonomis untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar menggunakan metode kansei engineering.

Wisudawan terbaik teknik Industri : Dheyu Laksmi Wulandari, S.T.

 

Skripsi terbaik Teknik Informatika :

Mahasiswa: Deri Hermawan, S. Kom

Judul : Aplikasi 3d virtual reality sebagai media bantu terapi acrophobia berbasis android,

Mahasiswa : Regina Sukma Citra, S.Kom

Judul : Klasifikasi ujaran kebencian dengan metode naive bayes classification di sosial media facebook berbasis web,

Mahasiswa : Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom

Judul : Rancang bangun sistem pemutus aliran listrik kwh meter pascabayar berbasis web menggunakan mikrokontroler.

Wisudawan terbaik Teknik Informatika : Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom

 

Skripsi terbaik Desain Kominikasi Visual :

Mahasiswa : Andri Setiawan, S.DS

Judul: Perancangan aplikasi rencana anggaran biaya membangun rumah

Mahasiswa : Bagus Arya Suseno, S.DS

Judul: Perancangan sistem informasi pelayanan publik dan peta wilayah rt 07 rw 08 baleendah kab. bandung

Mahasiswa : Luthfi alfaritzi, S.DS

Judul: Perancangan boardgame pengenalan permainan tradisional jawa barat untuk anak (usia 8-12 tahun) di kota bandung

Wisudawan terbaik Desain Komunikasi Visual : Tiffani zeta d, S.DS

 

Setelah beberapa rangkaian acara prosesi wisuda, dilaksankan penandatanganan MoU dengan Mitra STT Bandung yaitu PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, dan Biofarma.

Hal yang paling berkesan di akhir acara adalah ketika para wisudawan memberikan pesan dan kesan selama belajar di STTB, susana bertambah haru ketika para mereka membacakan puisi dan apresiasi untuk para orang tuanya.

Selamat bagi para mahasiswa STTB, semoga ilmunya bermanfaat untuk generasi mendatang dan mampu memberikan dampak luar biasa bagi kemajuan negeri kita tercinta Indonesia.

“Kalau bukan Anda yang membangung bangsa ini, siapa lagi?” (BJ.Habibie)

 

10 comments on “Wisuda XIV STT Bandung Cetak Generasi Luar Biasa Penerus Bangsa

  • Dian Restu Agustina , Direct link to comment

    Sama Mbak, akupun terharu jadi ingat wisuda 21 tahun lalu huhu
    Selamat buat wisudawan semoga ilmunya berkah dan bermanfaat. Dan sukses untuk STT Bandung semoga makin sukses mencetak generasi penerus bangsa

    • Dwi , Direct link to comment

      Whaa haru bahagia deh kalau lihat prosesi wisuda. Semakin jaya untuk STTB, sukses untuk para dosen dan alumnusnya…

  • Ulfah Wahyu , Direct link to comment

    Wah pastinya mengharu biru ya Mbak. Jadi teringat dulu waktu wisuda. Berasa plong, sudah bisa menyelesaikan kuliah. Selamat dan sukses untuk para wisuda/wisudawan STTB. Semoga sukses dalam perjalanan selanjutnya.

  • Melina Sekarsari , Direct link to comment

    Tahu nggak sih, menyimak liputan wisuda dari STT Bandung ini, aku malah jadi kepengen kuliah lagi di Desain Komunikasi Visual. Di era milenial, lulusan dari jurusan ini tuh punya peluang besar banget ya apalagi untuk membangun start up company.

    Selamaaat buat wisudawan dan wisudawati. Semoga ilmunya bermanfaat hingga untuk bangsa dan negara.

  • Yuni Bint Saniro , Direct link to comment

    Menyimak liputan wisuda rasanya aku juga pingin wisuda. Pernah merasakan dulu di tahun 2012. Suasananya nggak kalah haru sama wisuda STTB kemarin. Bedanya nggak ada putra sulungnya eyang habibie yang berorasi ilmiah. Keren

  • dewi apriliana , Direct link to comment

    Bener mbak berasa banget luar biasanya. Apalagi dengan pembicara seistimewa bapak Ilham Habibi.
    Semoga wisudawan wisudawati juga akan menjadi salah satu asset human capital terhebat di negara kita ini..terutama di budang teknik. Selamaat untuk para wisudawan wisudawati STTB

  • Dawiah , Direct link to comment

    Nonton siaran langsungnya saja bikin merinding loh mbak.
    Apalagi saat melihat Pak Ilham orasi, seakan melihat Pak Habibie

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *